Diduga PSR Bermasalah, Kadis Perkebunan Waykanan Diperiksa Tipikor Polres


Waykanan-“SERGAPLAMPUNG”-Unit Tipikor Polres Waykanan memeriksa Kadis Perkebunan Kabupaten setempat, terkait program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahun 2023, yang ditenggarai bermasalah dalam pelaksanaan.


Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan Waykanan, Rofiki STP, MM mengakui pemeriksaan tersebut, saat konfirmasi oleh awak media, Senin (1/4/2024) bertempat di ruang kerjanya.
Bahkan menurut Rofiki, saat ini telah turun tim Sekopindo yang bertanggung jawab secara administrasi kelapangan, guna mencari dan menyisikan kebenaran apa yang terjadi, didampingi ASN Dinas Perkebunan.


“Nanti kita dengar dulu dari tim Sekopindo, apa yang mereka temukan dilapangan, karena mereka yang memiliki hak untuk investigasi, dan administrasi dalam program PSR,” katanya.
Terkait administrasi, kata Rofiki, kelompok tidak melalui Dinas Perkebunan dalam membuat SPJnya, namun kelompok langsung ke Sekopindo untuk pelaporannya.


Untuk diketahui, sebelum program PSR itu berjalan, Kepala Dinas Perkebunan Waykanan, Rofiki telah mengikuti Rapat Koordinasi Kelapa Sawit Nasional dengan mengusung tema “Optimisme Pembangunan Perkebunan 2023, Akselerasi Pencapaian Peremajaan Sawit Rakyat”, yang di gelar oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan di Pullman Hotel Jakarta Central Park. Dihadiri oleh Mentri Pertanian RI Dr.H Syahrul Yasin Limpo,Dirjen Perkebunan Andi Nur Alamsyah serta S450 peserta dari 20 Provinsi 112 Kab/Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *